Abstrak  Kembali
Banyaknya siswa yang belum mendapatkan nilai KKM pada pembelajaran menulis cerita narasi menjadi latar belakang penelitian ini. Keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa dikelas merupakan masalah pokok dalam penelitian ini. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui pembelajaran RADEC pada siswa kelas VI SDN Srijaya 04 Tambun Utara Bekasi Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini apabila siswa mendapatkan nilai KKM yaitu 70 pada setiap aspek penilaian dalam menulis karangan narasi maka penelitian dicukupakan pada siklus tersebut. Melalui model pembelajaran RADEC, terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VI SDN Srijaya 04 Tambun Utara Kabupaten Bekasi, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian di Prasiklus sebesar 16.06% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 59.31, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 33.33% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 73.14, dan tambah meningkat di siklus II menjadi 75%, dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 82.70. Dengan demikian karena dari semua aspek penilaian menulis narasi nilai siswa memenuhi standar ketuntasan minimal (KKM).