Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi dengan metode guide writing dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VI SDN Telaga Murni 03 Cikarang barat. Hipotesis tindakan dalam
penelitian ini adalah melalui metode Guide Writing guru dapat meningkatkan
proses kegiatan menulis narasi dan dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis karangan narasi ada siswa VI SDN Telaga Murni 03 Cikarang Barat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan Observasi siklus I hasil perolehan pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan metode guide writing yaitu, mendapatkan nilai rata- rata kelas sebesar 59.59. pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata-rata 60.00, pada aspek organiasai 65.14, pada aspek Ejaan 64.57, pada aspek tata bahasa 62.29. Berdasarkan Observasi siklus II hasil perolehan pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan metode guide writing yaitu, mendapatkan
nilai rata- rata kelas sebesar 89.19. pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata-rata 92.57, pada aspek organiasai 93.14, pada aspek Ejaan 94.86, pada aspek tata bahasa 96.57.Dari penelitian siklus I rata- rata nilai dari ke 4 aspek sebesar 59.59 dan tambah meningkat di siklus II menjadi 89.19 Dengan demikian penelitian dicukupkan sampai di Siklus II ini.
|