Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap menulis cerpen siswa kelas IV SDN Wanasari 05 Cibitung . (2) pengaruh kreativitas anak terhadap menulis cerpen pada siswa kelas IV SDN Wanasari 05 Cibitung . (3) Gerakan literasi dan kreativitas anak dengan kemampuan menulis cerita pendek pada Siswa Kelas IV. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang diambil dari seluruh siswa di kelas IV SDN Wanasari 05 Cibitung sebanyak 111 siswa, dengan teknik pengambilan sampel populasi sebanyak 52 Siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan angket. Sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis dengan uji t dan uji f. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan nilai Sig. untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,143 > t tabel 2,010, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima dan terdapat pengaruh X1 terhadap Y. (2) Berdasarkan nilai Sig untuk pengaruh X2 tehadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,017 > t tabel 2,010, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y. (3) Berdasarkan perhitungan hasil nilai Sig. F 0,000. artinya nilai Sig. F < 0.05, bahwa antara variabel pembiasaan literasi dan kreativitas secara bersama-sama atau secara simultan berhubungan dengan variable menulis cerita pendek. Untuk melihat tingkat keeratan hubungan tersebut adalah dengan melihat niai R (Nilai Coeffisien Corelasi) dengan skor artinya derajat hubungan antara variable kebiasaan literasi dan kreativitas terhadap menulis cerpen merupakan kategori korelasi sempurna.