Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman soal alat evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 yang berstandar HOTS
yang terdiri dari C4 (analisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Metode
yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, sumber data yang
digunakan yaitu buku teks Bahasa Indonesia Cerdas Berbahasa Indonesia Kelas
XI SMA Kurikulum 2013,data yang digunakan adalah alat evaluasi pilihan ganda
sebanyak 10 bab materi menggunakan teknik dokumentasi. Hasil analisis
deskriptif kualitatif mengungkapkan bahwa hasil analisis soal alat evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 yang telah
dipaparkan, maka yang dapat peneliti uraikan di dalam penelitian ini yaitu soal alat evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 terdapat seratus soal pilihan ganda dan 10 bab materi masing-masing bab materi terdapat sepuluh soal pilihan ganda. Peneliti menemukan hasil dari seratus soal alat evaluasi yang dianalisis soal alat evaluasi berstandar HOTS hanya sebanyak 34 soal yang terdiri dari kategori C4 (analisis) pada kata kerja operasional membedakan sebanyak 13 alat evaluasi, kata kerja operasional mengorganisasi sebanyak 12 alat evaluasi, dan kata kerja operasional mengatribusikan sebanyak 6 alat evaluasi. Jumlah total keseluruhan sebanyak 31 alat evaluasi dengan persentase yaitu 91,18% . kategori C5 (mengevaluasi) pada kata kerja operasional memeriksa sebanyak 3 alat evaluasi, kata kerja operasional mengkritik sebanyak 0 alat evaluasi atau tidak ditemukan, dan jumlah keseluruhan sebanyak 3 alat evaluasi dengan persentase yaitu 8,82%. kategori C6 (mencipta) pada ketiga kata kerja operasinal merumuskan, merencanakan, dan memproduksi sebanyak 0 alat evaluasi atau tidak ditemukan dengan jumlah persentase 0 %. Manfaat penelitian ini untuk memberikan panduan kepada akademisi terkait tentang keilmuan evaluasi dan HOTS, selain itu juga memberi informasi terhadap masyarakat umum tentang kualitas alat evaluasi dan HOTS.
|