Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengukur keefektifan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Know Want Learning (KWL) di kelas IV SD Negeri Telaga Murni 02. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis & Taggart, dimana masing-masing siklus pada penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Jenis data yang digunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang di gunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas teknik tes dan non tes. Non tes yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner (angket), dan catatan lapangan. Pada saat pra siklus menunjukkan hasil membaca pemahaman dengan menggunakan strategi KWL menunjukkan kondisi awal diperoleh data bahwa siswa kelas IV rata-rata nilai saat pre test adalah 57,6, pada siklus I dan diperoleh nilai hasil rata-rata siswa hanya sebesar 68. Hasil belajar pada siklus II mencapai nilai rata-rata siswa mencapai 81,1 dan semua siswa telah melampaui indikator pencapaian yaitu hasil belajar siswa ≥70. Menunjukkan bahwa penerapan strategi Know Want Learning (KWL) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Telaga Murni 02.