Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
yaitu youtube dan media gambar serta motivasi belajar dalam meningkatkan
kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas IV SD Negeri Mekarwangi 02
Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, Jenis penelitian eksperimen yang saya ambil adalah penelitian eksperimen murni. Efektifitas penggunaan media youtube dan gambar dapat mempengaruhi kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang positif yang signifikan antara efektifitas penggunaan media youtube dan motivasi belajar terhadap kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes. Dari analisis data X1 dan Y yang diperoleh angka kritik r product moment pada taraf signifikansi 0,05 dan N 50 diperoleh r tabel sebesar 0,297. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel 0,729 > 0,297. Ini berarti terdapat hubungan
positif antara variabel X1 dan Y, karena berhasil menolak H0 dan diterima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas penggunaan media youtube terhadap kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes. Analisis data X2 dan Y diperoleh angka kritik r product moment pada taraf signifikansi 0,05 dan N = 50 diperoleh r tabel sebesar 0,297. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel 0,782 > 0,297. Ini berarti terdapat hubungan positif antara variabel X2 dan Y, karena berhasil menolak H0 dan diterima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas motivasi belajar terhadap kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes.
|