Menulis merupakan kemampuan menyampaikan pesan dan perasaan dalam bentuk tulisan. Dalam kenyataannya para siswa saat diberikan tugas menulis terutama menulis eksposisi , masih banyak siswa mengalami kesulitan terutama pemggunaan penempatan kosakata dan menyusun kalimat berdasarkan struktur S + P + O + K . Tujuan penelitian ini untuk menemukan dengan mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dan penguasan
struktur kalimat dalam menulis teks eksposisi khusus siswa kelas X IPA SMA N 6 Kota Tangerang Selatan . Penelitian menggunakan metode analisis kuantitatif dengan penjabaran deskriptif, Sampel 40 siswa dari 132 siswa diambil secara acak. Data diperoleh dari tes penguasaan kosakata, tes penguasaan struktur kalimat dan tes kemampuan menulis teks eksposisi. Hasil analisis akan membuktikan adakah hubungan penguasaan kosakata dan penguasaan struktur kalimat dengan keterampilan menulis eksposisi yang signifikan.
|