Tesis ini bertujuan untuk untuk mengetahui, menggambarkan menganalisis
adanya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumusan statistik, yaitu statistik analisi jalur (path analysis). Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner (angket) untuk menjaring data tentang kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, disiplin kerja dan kinerja guru, yang diperoleh langsung dari guru-guru SD Muhammadiyah di Jakarta Selatan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah di Jakarta Selatan, 2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD
Muhammadiyah di Jakarta Selatan, 3) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah di Jakarta Selatan, 4) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja guru SD Muhammadiyah di Jakarta Selatan, 5) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja guru SD Muhammadiyah di Jakarta Selatan, 6) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru SD
Muhammadiyah di Jakarta Selatan. Diharapkan guru dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan disiplin kerja yang hakikatkanya adalah kondisi internal seorang guru untuk selalu aktif mengembangkan diri.
|