Tesis ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam RPP bahasa Indonesia, (2) mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, (3) mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam instrumen evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 229 Jakarta. Sumber data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi review informan kunci. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian terdiri atas: guru dan peserta didik. Objek penelitian adalah implementasi nilai pendidikan karakter, yang terdapat dalam RPP, proses pembelajaran, serta instrumen evaluasi. Instrumen penelitian adalah pedomanan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) guru sudah mulai menerapkan nilai pendidikan karakter yang dituangkan secara tersirat di dalam RPP. (2) Untuk proses pembelajaran pun guru dapat menerapkan nilai pendidikan karakter meskipun terdapat penyesuaian langkah pembelajaran di saat pandemi dari RPP yang sudah dibuat. (3) Untuk instrumen evaluasi yang dibuat guru sudah mulai terlihat nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam soal-soal yang dibuat. Namun, masih kurang bervariasi.
|