Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah struktur dan kebahasaan pada wacana buku tematik kelas V tema 5 tentang ekosistem pada subtema 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yakni metode menguraikan tetapi tidak hanya menguraikan melainkan dapat memberikan suatu pemikiran baru dengan membeberkan penjelasan. Sumber data utama (primer) adalah buku teks kelas 5 tema 5 di terbitkan oleh Pusat Perbukan Nasional Depdikbud. Berdasarkan hasil prosentase analisis kebahasaan wacana kelas 5 tema 5 subtema 3 yakni sebesar 89,94%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak untuk disajikan. Secara keseluruhan bahasa yang digunakan dalam buku tersebut secara umum telah sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual dan sosial emosional siswa usia SD. Karena bahasa yang ada dalam buku tersebut merupakan bahasa Indonesia yang baku dan resmi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Bahasa yang digunakan pun sudah komunikatif secara keseluruhan. Bahan ajar merupakan segala bahan (baik itu informasi, alat, maupun teks) yang disusun secara sistematis yang menampilkan sosok utuh dari kompentensi yang akan dikuasai peserta didik dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.