Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan memahami teks eksposisi
yang berorientasi pada setting pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK dengan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian pada siklus I, terdapat perubahan pada siswa saat guru menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script dengan rata- rata nilai siswa naik menjadi 68.70, yang melampaui nilai KKM ada sekitar 58.06%. Hasil dari pengamatan non tes pada siklus I yaitu Siswa masih kurang fokus dalam pembelajaran siswa masih kurang memberikan masukan dan dukungan terhadap siswa lain, siswa belum turut berpartisispasi dalam pemecahan masalah, siswa belum berani memberikan sumbangan pemikiran, ikut berperan dalam pemecahan masalah dalam kelompok. Siswa kurang aktif bertanya, menyetujui, dan memberikan argumen yang logis, karena masih banyak siswa yang belum melampaui nilai KKM, maka penelitian dilanjutkan ke Siklus II. Di siklus II pembelajaran dilakukan secara berbeda yaitu via Daring, mengingat pembelajaran dilakukan dari rumah karena kondisi Pandemi covid-19. Perolehan hasil tes memahami teks eksposisi siswa berbeda pada Siklus I, pada siklus II ini, yang melampaui KKM meningkat menjadi 93.55%, rata- rata nilai kelas meningkat menjadi 89.35. Berdasarkan data di atas diketahui bahwa di siklus II ini hanya ada 2 siswa yang belum melampaui nilai KKM, dan 29 siswa lainnya sudah memenuhi nilai KKM. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan informasi dan masukan yang positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya yang berhubungan langsung dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Sehingga dapat mengembalikan kegembiraan siswa terhadap pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks eksposisi.
|