ABSTRAK Azzah zumrud, evaluasi implementasi KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang, ditinjau dari sudut proses pembelajaran). Tesis. Jakarta: program pascasarjana universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2008. KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) adalah kebijakan nasional yang disosialisasikan ke sekolah-sekolah. Pengembangan KTSP diimplementasikan dengan mengadopsi standar isi yang digariskan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Dep.Dik.Nas) Republik Indonesia. KTSP dikembangkan dengan memunculkan cirikhas yang sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan/ sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Implementasi KTSP dari kinerja guru dan manajemen kurikulum secara teori bias meningkatkan mutu pendidikan untuk mencapai visi, misi dan tujuan sekolah yang dicanakngkan, namun bagaimana ditingkat operasional, maka diadakanlah penelitian ini. Penelitian ini menampilkan 3 hal, pertama adalah menggambarkan pelaksanaan KTSP, kedua kurikulum muatan local, ketiga mutu pendidikan setelah implementasi KTSP di SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi, Pamulang. Untuk mengusahakan menampilkan hasil penelitian ini secara lengkap, mendalam dan utuh, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai key instrument (instrument utama), dalam penelitian ini alat pengumpul data meliputi pedoman wawancara, observasi, dokumen dan questioner. Subyek penelitian adalah guru ditunjang dengan data, informasi dari manajemen dan lingkungan sekolah. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi, Pamulang sudah mengimplementasikan KTSP sudah berjalan, (2) kurikulum local yang menjadi cirri khas KTSP adalah kurikulum ISMUBARIS. (3) mutu pendidikan setelah implementasi KTSP menunjukkan: a) secara kelembagaan, SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang dapat meraih status akreditasi A dan menjadi sekolah percontohan untuk sekolah menengah di sekitarnya, b) dari prestasi siswa, menunjukkan peningkatan yaitu rata-rata siswa mencapai nilai target rata-rata yang diinginkan.
|