Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VI SDN Telaga Asih 02 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round table. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VI SDN Telaga Asih 02 Cikarang Barat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 35 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil observasi siklus I, diketahui bahwa Hasil Siklus I kemampuan menulis cerita narasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table. pada siswa kelas VI SDN Telaga Asih 02, Kabupaten Bekasi pada aspek Judul Karangan mendapat nilai rata- rata 58.86, pada aspek isi cerita 46.29, pada aspek Ejaan 57.71, pada aspek kerjasama 70.86. Nilai rata- rata kelas kemampuan menulis cerita pada Siklus II dari segi aspek Judul karangan mendapat nilai rata- rata 93.14, pada aspek isi cerita 92.57, pada aspek ejaan 72.00, pada aspek Kerjasama mendapat nilai 86.86.Dari penelitian siklus I rata- rata nilai dari ke 4 aspek sebesar 58.43 dan tambah meningkat di siklus II menjadi 86.14 Dengan demikian penelitian dicukupkan sampai di Siklus II ini.
|