Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris terdapat atau tidak terdapatnya pengaruh metode latihan soal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika kelas III SD Santo Lukas I Pademangan Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatid dengan pendekatan quasi experiment pre-test dan post test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada metode latihan soal terdapat nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan motivasi belajar terdapat nilai signifikansi 0,002 juga lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode latihan soal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika kelas III SD Santo Lukas I Pademangan Jakarta Utara