Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian evaluasi ini adalah untuk mengevaluasi apakah penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Islam Al Hikmah Jakarta sudah menunjukan peningkatan yang signifikan dalam melakukan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 pada peserta didik. Evaluasi ini juga bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk dari pelaksanaan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Hikmah Jakarta. Metode pada evaluasi ini menggunakan metode kualitatif evaluatif. Dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Instrument yang digunakan untuk menjaring data pada evaluasi ini berupa wawancara, studi dokumen, dan observasi. Wawancara yang dilakukan oleh evaluator yaitu kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru PAI. Untuk menguji keabsahan data, evaluator menggunakan triangulasi, yaitu mengcrosscheck kembali kepada dua guru PAI. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kepala sekolah sangat mendukung dan memfasilitasi guru dalam melakukan penilaian pembelajaran mulai dari perencanaan, penerapan, sampai pada akhir penilaian dilakukan, (2) guru PAI yang menerapkan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 juga sudah mengikuti beberapa pelatihan dalam kurikulum 2013, termasuk bagaimana membuat rubik penilaian serta penilaian yang menyesuaikan dari kompetensi dasar yang dipelajari peserta didik, (3) penilaian pembelajaran yang sesuai dengan pedoman penilaian belum seutuhnya dilakukan oleh guru PAI dan hasil yang diharapkan kurang maksimal, karena guru PAI hanya memiliki waktu yang singkat dalam pembelajarannya di kelas, (4) pembinaan dan pelatihan kurikulum 2013 yang diberikan untuk guru PAI belum sepenuhnya menerapkan prosedur penilaian yang sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi ini, evaluator memberikan saran pada guru PAI untuk meningkatkan kinerja, khususnya pada proses penilaian pembelajaran kurikulum 2013 yang mengedepankan pada penilaian sosial, pengetahuan, dan keterampilan untuk lebih berlatih dalam pembuatan rubik penialaian yang sesuai dengan KD, agar hasil dari penilaian pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembuatan raport.