Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian maupun kesenjangan
antara program Adiwiyata dan pelaksanaannya di SDN Gondrong IV Kota Tangerang bersifat kualitatif evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP Contect, Input, Process, Product dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru , siswa , komite sekolah, penjual kantin dan orang tua murid kelas . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Analisis dokumen, wawancara, observasi, catatan lapangan. Triangulasi sumber dan triangulasi metode dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data untuk periksaan keabsahan data dalam penelitian ini. Hasil temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata di SDN Gondrong IV Kota Tangerang sebagai berikut: Kesesuaian tahap konteks yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memuat visi, misi, dan tujuan sekolah sudah sesuai dengan standar kriteria yang ditentukan dalam program Adiwiyata yaitu memuat hal tentang lingkungan hidup. Kesesuaian tahap input RKAS SDN Gondrong IV mengenai dana pelaksanaan program Adiwiyata telah sesuai dengan standar program Adiwiyata. Begitupun dengan kemampuan guru dalam merancang dan menyampaikan informasi terkait dengan lingkungan hidup. Dalam hal fasilitas dan struktur kurikulum juga telah sesuai dengan standar yang ditentukan.
Kesesuaian tahap proses yaitu pelaksanaan, pemeliharaan, dan pemanfaatan
program Adiwiyata telah sesuai dengan standar yang ditentukan walaupun masih saja ada siswa yang membuang sampah sembarangan yang menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan program, namun lewat pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus maka diharapkan dapat merubah sikap dan pemahaman siswa. Demikian halnya dengan sosialisasi yang dilakukan telah memenuhi standar yang ditentukan. Kesesuain tahap produk yaitu karya-karya yang dihasilkan siswa telah memenuhi standar yang ditentukan dan sebagian dari karya-karya tersebut telah dipublikasikan dan dilombakan. Untuk dampakpun telah dirasakan dengan baik oleh masyarakat sekitar dengan kata lain memiliki dampak yang positif.
|