Abstrak  Kembali
Evaluasi ini bertujuan untuk menilai program penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran di SD Islam Harapan Ibu Pondok Pinang Kecamatan Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan tahun pelajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam evaluasi ini adalah model CIPP dengan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketiga instrumen tersebut digunakan untuk saling melengkapi dan memperkaya data. Dari kegiatan evaluasi konteks, diperoleh hasil bahwa tujuan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran di SD Islam Harapan Ibu sesuai dengan harapan stakeholders. Pada evaluasi input, diperoleh hasil evaluasi bahwa sumber daya manusia (guru bilingual dan guru nonbilingual) di SD Islam Harapan Ibu memadai, sarana prasarana baik dan memiliki kualitas terstandar. Namun, belum ada panduan/petunjuk penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan pelatihan rutin dan terstruktur untuk guru nonbilingual. Pada evaluasi proses, diperoleh data bahwa pada tahap persiapan, guru belum fokus menyiapkan diri khusus pada penggunaan bahasa Inggris di kelas. Guru lebih fokus pada cara penyampaian materi. Pada tahap pelaksanaan, penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar belum seragam dan belum sesuai kriteria yang diharapkan. Pada evaluasi produk, diperoleh hasil bahwa nilai hasil belajar bahasa Inggris siswa dan alumni SD Islam Harapan Ibu di atas kriteria ketuntasan minimal. Hasil evaluasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai rekomendasi kepada stakeholders untuk melakukan perbaikan pelaksanaan dan pengembangan program penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran di SD Islam Harapan Ibu.