Tesis ini bertujuan untuk mengkaji tentang program penilaian ketrampilan kurikulum tahun 2013, yang dilaksanakan di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Jakarta, sedang model evaluasi yang digunakan dalam tesis ini adalah model evaluasi CIPP, yaitu Context, Input, Process dan Product. Fokus evaluasi ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang benar sehingga dapat memberikan pertimbangan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan secara tepat. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah dengan proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, angket dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru. Angket diisi oleh guru, dan orangtua siswa. Hasil evaluasi pada komponen konteks, program penilaian ketrampilan dengan kebijakan pemerintah sudah terintegrasi dengan visi misi sekolah madrasah Ibtidaiyah 11 Jakarta. Evaluasi input, meliputi 1) Kesiapan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, 3) anggaran, 3) sarana prasarana dalam program penilaian ketrampilan tematik masih harus ditingkatkan pada dimensi kompetensi guru fokus pada pemerataan pelatihan guru yang diberikan. Hasil evaluasi proses, 1) perencanaan atau persiapan, 2) pelaksanaan penilaian dan evaluasi yang dilakukan terhadap program sudah termasuk dalam kategori cukup baik, 3) Penyempurnaan dan penggunaan buku teks pelajaran dan buku pedoman guru yang digunakan sebagai acuan perencanaan dan pelaksanaan program penilaian ketrampilan tematik kurikulum 2013 perlu dilakukan agar dapat dilaksanakan dengan baik. Hasil evaluasi produk, dilihat dari hasil penilaian ketrampilan berupa angka, temuan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Namun, di telaah lebih dalam kesesuaian perolehan nilai berdasarkan pedoman penilaian yang direncanakan pada awal penilaian masih belum sesuai. Karena rumusan penilaian yang berbeda pada perencanaan dan pelaksanaannya.
|