Tesis ini bertujuan mengungkapkan dan menganalisis pengaruh evaluasi
formatif dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Adapun variable-variabel yang diperhatikan dalam penelitian adalah : (1)
variabel independent/ bebas yaitu evaluasi formatif (X1) dan gaya kognitif (X2) , (2) variabel dependent/ terikat yaitu prestasi belajar Matematika (X3).
Hipotesis penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh evaluasi formatif
(X1) terhadap prestasi belajar matematika (X3), (2) Terdapat pengaruh gaya
kognitif (X2) terhadap prestasi belajar matematika (X3), dan (3) Terdapat
interaksi evaluasi formatif (X1) dan gaya kognitif (X2) dalam pengaruhnya
terhadap prestasi belajar matematika (X3). Dengan hipotesis Ho diterima jika
nilai Fhitung > Ftabel pada taraf 𝛼 = 0,05 dengan db = 1. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk penelitian kuantitatif. Populasi target berasal dari peserta didik SMK Makarya 2 Jakarta yang berjumlah 4 kelas X dan populasi terjangkaunya adalah seluruh peserta didik kelas X AP3 dan X AP4. Sedangkan sampel ditetapkan 60 peserta didik . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Anava dua arah .
|