Abstrak  Kembali
Metode Pembelajaran tahfidz al qur’an merupakan bagian dari program pembelajaran sekolah unggulan yang berada di Sekolah Menengah Pertama Islam Tepadu Al Fidaa, yang menjadi karakter pembeda dengan sekolah menengah Islam Terpadu di lingkungan sekolah terutama di kecamatan Tambun Selatan. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran tahfidz al qur’an yang telah berjalan lebih dari 10 tahun dengan mengevaluasi komponen di dalamnya. Evaluasi implementasi metode pembelajaran tahfidz al qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu Al Fidaa Tambun Selatan Bekasi, dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari empat komponen yaitu 1) context/konteks, 2) Input/masukan, 3) Process/proses, 4) Product/produk. Teknik analisis data yang digunakan dengan 3 langkah yaitu dengan mendeskripsikan data, reduksi data dan menyimpulkan. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengevaluasi seluruh komponen dengan menyeluruh yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi.