| 
      Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan
tingkat kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Madrasah Tsanawiyah Negeri 32 Jakarta. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa1). Terdapat perbedaan hasil belajar ipa terhadap peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan konvensional, 2).Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecedasan emosional terhadap hasil belajar IPA terhadap peserta didik, 3).Terdapat perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) antara peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi antara yang diajarkan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional, 4).Terdapat perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam
(IPA) antara peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional rendah antara yang diajarkan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional. Hasil belajar diperoleh pada perubahan psikomotor yakni berhubungan dengan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik untuk mengerjakan sesuatu sebagai hasil penguasaan materi yang telah dipelajari, dari performance/kinerja yang
dilakukan oleh peserta didik terhadap tugas yang diberikan, peserta didik harus dapat menunjukkan kinerja yang memperlihatkan keterampilan-keterampilan tertentu atau kreasi mereka untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan materi. Peneliti yakin dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik ada pada faktor pendekatan pembelajaran guru dan faktor internal dari peserta didik itu sendiri yaitu kecerdasan emosional peserta didik.
     |