Tesis ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan sistem penjaminan mutu
internal pendidikan di SD Negeri Jatipulo 06 Pagi Palmerah Jakarta Barat.
Metode yang digunakan adalah Metode evaluatif deskriptif yaitu dengan
mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan studi dokumen. Wawancara dilakukan kepada pengawas, kepala sekolah, guru-guru, peserta didik, orang tua, komite, dan penjaga sekolah. Metode evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input,Process,dan Product) antara lain evaluasi Context, evaluasi Input, evaluasi Process, and evaluasi Product. Berdasarkan evaluasi diperoleh, untuk evaluasi Context yang meliputi komponen mengetahui dan memahami perundang-undangan tentang SPMI rata-rata sebesar 97,5%. Adanya kesesuaian visi dan misi sekolah dengan tujuan SPMI rata-rata sebesar 98% . Evaluasi Input, yang meliputi komponen rapor mutu sekolah, evaluasi diri sekolah,
sumber daya manusia, peserta didik, kurikulum, dan anggaran/pembiayaan. Evaluasi Process, yang meliputi standar pembiasaan, standar proses pembelajaran, dan standar penilaian. Evaluasi Product, yang meliputi komponen dokumen rapor mutu: standar kompetensi lulusan dengan persen komponen indikator 93,68% dengan kategori baik sekali, standar isi 78,99% kategori baik, standar proses 87,08% kategori baik sekali, dan standar penilaian 78,02% kategori baik. Nilai akreditasi 91 dengan kategori unggul.
Implikasi dan rekomendasi evaluasi program sistem penjaminan mutu internal di SD Negeri Jatipulo 06 Pagi Palmerah Jakarta Barat, antara lain: perlunya kesadaraan stakeholder pendidik, terutama guru tentang pendidikan bermutu, program SPMI sangat dibutuhkan oleh satauan pendidikan untuk memastikan delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP) berjalan dengan baik, diperlukan reward dan punisment terhadap sekolah yang belum melaksanakan SPMI. SD Negeri Jatipulo 06 Pagi, berdasarkan evaluasi perlu ditingkatkan lagi terhadap standar isi, proses dan penilaian.
|