Abstrak  Kembali
Pelaksanaan Penilaian Autentik merupakan bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar pada kurikulum 2013 yang mencakup tiga ranah yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model evaluasi Countanance Stake untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran kurikulum 2013 di SMKN 1 Cariu dengan Standar Evaluasi yang telah ditentukan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru kelas X, siswa Kelas X. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Data analisis menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil Evaluasi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada kelas X di SMKN 1 Cariu Kabupaten Bogor yakni, a) pada aspek masukan (anttecedents): Indikator kurikulum, kebijakan sekolah, silabus dan RPP sudah sesuai dengn standar evaluasi dan dapat dilanjutkan, namun pada indikator instrumen penilaian belum sepenuhnya sesuai standar evaluasi, yaitu tahap penyusunan kisi-kisi dan uji kualitas instrument seringkali tidak dilakukan, b) aspek proses (transaction): Indikator perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan penilaian autentik sudah sesuai dengan standar evaluasi, dan dapat dilanjutkan namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pelaksanaan penilaian yang terkadang tidak sesuai dengan perencanaan, serta perlu ditingkatkan pada penilaian aspek sikap, terutama Pengamatan Antar Teman., sedangkan Indikator kendala yang dihadapi guru yaitu terbatasnya waktu untuk melakukan sistem penilaian terutama pada penilaian sikap karena beban mengajar guru yang banyak, c) aspek hasil (outcomes): Indikator hasil pelaksanaan penilaian autentik sudah sesuai dengan standar evaluasi dan dapat dilanjutkan. Berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan maka pelaksanaan penilaian autentik di SMKN 1 Cariu Kabupaten Bogor dapat dilanjutkan.