Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk memberikan deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gender yang menggunakan metode pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 dalam pemecahan masalah matematika kelas V di SDIT Auliya kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Auliya semester ganjil Tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni dengan metode analisis model interaktif. Populasi sebagai unit analisis penelitian adalah sebanyak 8 orang siswa, yang terdiri dari 4 siswa permpuan dan 4 siswa laki-laki. Data Instrumen yang digunakan adalah data hasil test, data wawancara, observasi lapangan, dokumentasi foto dan video. Hail penelitian ini adalah terdapat pengaruh gender pada tingkat berpikir kreatif siswa kelas V SDIT Auliya di Tangerang selatan yakni bahwa siswa laki-laki masih kurang kreatif dibandingkan dengan siswa perempuan, dimana 2 siswa laki-laki tidak kreatif, 1 siswa laki-laki kurang kreatif , dan 1 siswa laki-laki sangat kreatif. Meskipun 1 siswa laki-laki lainnya masuk ke dalam kategori sangat kreatif, namun hasilnya masih kalah apabila dibandingkan dengan siswa perempuan dengan hasil 3 siswa perempuan kreatif dan 1 siswa perempuan sangat kreatif.