Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self efficacy matematis dengan persepsi siswa pada pelajaran matematika, dan Kemampuan awal matematika dengan persepsi siswa pada pelajaran matematika dan self efficacy matematis dengan kemampuan awal matematika siswa kelas VII SMP negeri 9 Tangerang Selatan. Metode pada penelitian ini menggunakan survey kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert. Populasi sebagai unit analisis penelitian adalah siswa kelas VII di SMPN 9 Kota Tangerang Selatan sebanyak 289 orang. Sampel penelitian ini menggunakan Teknik propotional random sampling sebanyak 101 orang siswa. Bentuk uji coba berupa kuesioner dan soal bentuk pilihan ganda. Uji instrumen dengan uji validitas pada variabel persepsi siswa terdapat 21 butir valid dari 30 butir yang diujikan, Variabel Self Efficacy matematis terdapat 18 butir valid dari 30 butir yang diujikan, dan variabel kemampuan awal matematika 20 butir valid dari 25 butir soal yang diujikan. Uji persyaratan yakni uji normalitas dengan uji Lilliefors pada persepsi siswa pada pelajaran matematika diperoleh Lhitung sebesar 0,051, self efficacy Lhitung sebesar 0,069, dan kemampuan awal matematika Lhitung sebesar0,048 serta uji linearitas regresi persepsi siswa pada pelajaran matematika atas self efficacy matematis diperoleh probabilitas sig. 0,073, persepsi siswa pada pelajaran matematika atas kemampuan awal matematika diperoleh probabilitas sig. 0.235, dan kemampuan awal matematika atas self efficacy matematis diperoleh probabilitas sig. 0,947. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dan korelasi linear sederhana serta analisi jalur pada uji regresi dan korelasi sederhana untuk persepsi matematis atas self efficacy matematis diperoleh nilai p value sebesar 0,035, persepsi matematis atas kemampuan awal matematika diperoleh nilai p value sebesar 0,742 , dan kemampuan awal matematika atas self efficacy matematis diperoleh nilai p value sebesar 0,077. Pengaruh tersebut di uji dengan analisis jalur untuk persepsi matematis atas self efficacy matematis diperoleh p sebesar 0,223, persepsi matematis atas kemampuan awal matematika diperoleh p sebesar -0,073 , dan kemampuan awal matematika atas self efficacy matematis diperoleh p sebesar 0,177 Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self efficacy matematis terhadap kemampuan awal matematika, dan terdapat pengaruh kemampuan awal matematika terhadap persepsi siswa pada pelajaran matematika.
|