Abstrak  Kembali
Penelitian ini didasari oleh kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada materi program linier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa SMK dalam kemampuan pemecahan masalah terutama pada topik program linier; 2) kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa SMK dalam menyelesaikan soal pada topik program linier; 3) faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMK dalam kemampuan pemecahan masalah pada topik program linier. Pengambilan data dilakukan dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan secara analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1)siswa kesulitan dalam menerjemahkan masalah kedalam model matematika, seperti kesulitan dalam membuat simbol matematika dari apa yang diketahui dari soal, 2) siswa kesulitan dalam melakukan prosedur matematik yang benar seperti tidak tepat dalam proses pengerjaan, tidak dalam menentukan jawaban akhir dan tidak tepat dalam menentukan kesimpulan, 3) siswa dalam menyelesaiakan soal memahami apa yang ditanyakan, mampu membuat rencana pengerjaan dengan baik, namun kesulitan dalam melaksanakan rencana, 4) Faktor yang penyebab kesulitan belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah adalah (a) siswa tidak mampu mengolah dan menggali bahan ajar sehingga masih kesulitan untuk menyelesaikan soal apabila soal tersebut berbeda dengan contoh soal yang diajarkan oleh guru, (b) konsentrasi belajar yang rendah membuat siswa kesulitan dalam menyelesaiakn soal yang disajikan guru, (c) kurangnya konsentrasi belajar siswa sehingga siswa mudah lupa dengan apa yang di jelaskan oleh guru, 5) langkah-langkah penyelesaian yang ditemukan yaitu a) membaca dan memahami; b) menggali serta menukiskan informasi yang didapat dimunculkan dari soal; c) memilih strategi penyelesaian d) mengerjakannya serta meneliti kembali jawabannya