Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar matematika, (2) hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar matematika, (3) hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy secara bersama – sama dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey non kausal dengan tehnik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil dari kelas XI MIPA 1 sampai dengan XI MIPA 5 yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self efficacy. Analisis data menggunakan Software SPSS 21. Berdasarkan hasil pengujian dengan software SPSS diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematis memberikan hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika sebesar 11,6 %, self efficacy memberikan hubungan positif dan signifikan dengan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 16,7 %, kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy secara bersama – sama berhubungan dengan variabel hasil belajar matematika sebesar 20.5 %.