Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Self-confidence dan Kemandirian belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMK Tirta Sari Surya Jakarta dan sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama terdapat hubungan yang signifikan antara self-confidence dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara selfconfidence
dengan hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,000 lebih kecil; dari 𝛼𝛼
= 0,05 atau 0,000 < 0,05, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara selfconfidence dengan hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,159, yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-confidence dengan hasil belajar yang memiliki hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang positif. Hipotesis kedua terdapat hubungan yang signfikikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Besarnya
koefisien korelasi 0,29 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar yang memiliki hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang negatif. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersama-sama antara selfconfidence dan kemandirian belajar dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara self-confidence dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,162 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yang rendah. Besarnya
nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,006 artinya 0,6% hasil belajar matematika siswa dapat diprediksi berdasarkan dan self-confidence dan kemandirian belajar. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-confidence dan kemandirian belajar dengan hasil belajar yang memiliki hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang positif.
|