Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematik, motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematik, dan model problem based learning dengan motivasi belajar. Metode survey kausal dan teknik pengumpulan data kuesioner dalam bentuk skala Linkert. Populasinya siswa kelas XI SMAN 64 Jakarta sebanyak 248 orang. Sampel menggunakan teknik propotional random sampling sebanyak 103 orang.
Uji instrumen dengan uji validasi pada variabel kemampuan pemecahan masalah matematik 18 butir valid dari 20 yang diujikan. Variabel model Problem Based Learning, 22 butir valid dari 25 yang diujikan, dan motivasi belajar 29 butir valid dari 35 yang diujikan. Uji normalitas dengan uji Liliefors pada kemampuan pemecahan masalah matematik atas model problem based learning diperoleh Lhitung 0,062, kemampuan pemecahan masalah matematik atas motivasi belajar Lhitung 0,050, motivasi belajar atas model problem based learning Lhitung 0,051. Uji linearitas regresi pada kemampuan pemecahan masalah matematik atas model problem based learning diperoleh probabilitas sig. 0,116, kemampuan pemecahan masalah matematik atas motivasi belajar probabilitas sig. 0,319, motivasi belajar atas model problem based learning probabilitas sig. 0,341.
Pengujian hipotesis menggunakan regresi dan korelasi linier sederhana. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematik atas model problem based learning diperoleh Fhitung 63,663, kemampuan pemecahan masalah matematik atas motivasi belajar Fhitung 41,736 dan motivasi belajar atas model problem based learning Fhitung 148,833.
Pengaruh antar variabel diuji dengan anlisis jalur. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematik atas model problem based learning diperoleh p 0,506, kemampuan pemecahan masalah matematik atas motivasi belajar p 0,150, dan motivasi belajar atas model problem based learning p 0,772.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, dan model problem based learning terhadap motivasi belajar.
|