ABSTRAK RINY HERNY YATNI. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Ketahanmalangan Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gambir Jakarta Pusat. Tesis. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah dengan ketahanmalangan guru di SDN kecamatan Gambir Jakarta Pusat. Hipotesis yang diuji adalah 1) Terdapat hubungan positif antara kepala sekolah dengan ketahanmalangan guru, 2) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepalasekolah dengan ketahanmalangan guru, 3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan ketahanmalangan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar negeri yang berjumlah 218 guru. Berdasarkan perhitungan dengan tabel Issac dan Michael diperoleh sample sejumlah 131 orang guru dengan menggunakan teknik proposal random sampling, maka 30 orang dijadikan sampel ujicoba instrumen dan 131 sampel untuk penelitian. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data ketahanmalangan guru (Y), kepemimpinan kepala sekolah (X1), supervisi kepala sekolah (X2) adalah kuestioner model skala Likert dengan 5 opsi. Validitas ketiga instrumen dihitung dengan Alpha Cronbach. Hasil ujicoba untuk variabel ketahanmalangan guru diperoleh 0,956, hasil ujicoba untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah diperoleh 0,979 dan variable supervisi kepala sekolah diperoleh 0.938. Data dianalisis dengan statistik diskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi parsial sederhana dan regresi sederhana. Dari hasil penelitian ditemukan: Pertama terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan ketahanmalangan guru dengan keofisien korelasi rx1y = 0.983 pada taraf signifikan ? = 0,05 ataupun 0,01 dan persamaan regresi ? = 19,178 + 0,501 X1. Koefisien determinasi r²x1y = 0.966. kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap ketahanmalangan guru sebesar 96,6%. Kedua terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dengan ketahanmalangan guru dengan keofisien korelasi rx2y = 0.986 pada taraf signifikan ? = 0,05 ataupun 0,01 dan persamaan regresi ? = 28,590 + 0,552 X2. Koefisien determinasi r²x2y = 0.971. Kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap ketahanmalangan guru sebesar 97%. Ketiga terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan ketahanmalangan guru dengan koefisien korelasi ganda rx1.2 y = 0,987. Pada taraf signifikan ? =0,05 ataupun 0,01 dan persamaan regresi ? = 2401,942 + 0,183X1 ? 0,354X2. Koefisien determinasi r²x1.2y = 0,974. Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan ketahanmalangan guru sebesar 97,4 %. Penelitian ini menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan ketahanmalangan guru . Saran yang diberikan kepada kepemimpinan dan supervise kepala sekolah secara bersama-sama dengan ketahanmalangan guru agar dapat mewujudkan guru dengan ketahanmalangan yang baik dan bertahan dalam upaya meningkatkan dan mempertahankan kinerja guru.
|