Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Self-Efficacy dan Self Esteem dengan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 86 Jakarata. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 86 Jakarta dan sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara self-efficacy dengan hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,032 lebih kecil dari 𝛼 = 0,05 atau 0,032 < 0,05, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara self- efficacy dengan hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,099, yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar yang memiliki hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang positif. Hipotesis kedua tidak terdapat hubungan yang signfikikan antara Self Esteem dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara Self Esteem dengan hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,028 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Self Esteem dengan hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,109 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Self Esteem dengan hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang negatif. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersama-sama antara self- efficacy dan Self Esteem dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,032 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara self- efficacy dan Self Esteem dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,141 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yang rendah. Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,020 artinya 2% hasil belajar matematika siswa dapat diprediksi berdasarkan dan self-efficacy dan Self Esteem. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan Self Esteem dengan hasil belajar yang memiliki besar hubungan rendah dan arah hubungan yang positif.