Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah norma sosiomatematik siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Said Na’um Jakarta semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa data norma sosiomatematik pada pembelajaran daring yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA SMA Islam Said Na’um. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, yaitu pengecekan data dengan menggunakan teknik yang berbeda untuk mencocokkan data norma sosiomatematik pada pembelajaran daring dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Norma sosiomatemtik siswa pada pembelajaran daring dapat menambah pemahaman siswa dalam belajar matematika, karena siswa dapat belajar dari sumber manapun yang tidak terikat oleh waktu yang dapat mengakibatkan siswa lebih berani untuk menyampaikan pendapat atau argumenatsi yang siswa miliki untuk di sampaikan pada siswa lainnya dalam proses pembelajaran daring.