Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Metode penelitian ini disain eksperimen. Sampel penelitian yang dipilih secara sellection random sampling berjumlah 40 siswa kelas XI MIPA dibentuk menjadi 4 kelompok. Instrumen berupa kuesioner dan tes pilihan ganda. Uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Analisis hasil penelitian menggunakan ANAVA dua jalur dengan hitung uji F pada hipotesis pertama disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model kompetitif. Effect size faktor model pembelajaran memberikan 10,62% variasi hasil belajar matematika dan tergolong sedang. Uji hipotesis kedua diperoleh simpulan terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. dengan effect size 17,95% variasi hasil belajar matematika dan tergolong sedang. Pada hipotesis ketiga diperoleh simpulan bahwa hasil belajar matematika kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada yang diajar dengan model kompetitif. Pada hipotesis empat diperoleh simpulan tidak terdapat perbedaan hasil belajar Matematika pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah, baik siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran STAD maupun model pembelajaran kompetitif.