Abstrak  Kembali
Secara operasional penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran permasalahan yang berkaitan dengan substansi konteks meliput komponen latar belakang program, tujuan program, dan analisis kebutuhan Program Penelitian Tindakan Kelas; (2) Kesesuaian substansi input Program Penelitian Tindakan Kelas mengenai sumber daya manusia, alokasi anggaran, peserta, sarana dan prasarana pendukung Program Penelitian Tindakan Kelas; (3) Efektivitas dan kesesuaian proses pada Program Penelitian Tindakan Kelas, yang berhubungan dengan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi; (4) Kesesuaian produk dari Program Penelitian Tindakan Kelas berhubungan dengan hasil dan pelaporan Program Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat kesesuaian tujuan dan efektifitas dari pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode campuran, dengan menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Asih 10 dan SDN Telaga Asih 06 Kabupaten Bekasi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2021. Berdasarkan hasil penelitian dan pembehasan yang telah dipaparkan pada sebelumnya dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. (1) Secara umum kebutuhan dan tujuan guru sekolah dasar dalam program penelitian Tindakan kelas di SDN Karang Asih 10 dan SDN Telaga Asih 06 Kabupaten Bekasi Jawa Barat hamper sama yaitu; (a) kebutuhan pelaksanaan peneltian tindakan kelas dengan tujuan memenuhi syarat kenaikan pangkat guru PNS di SDN Karang Asih 10 dan SDN Telaga Asih 06 Kabupaten Bekasi, dan (b) untuk memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran tertentu; (2) Sumber daya pendukung pelaksanaan program penelitian tindakan kelas di SDN Karang Asih 10 dan SDN Telaga Asih 06 Kabupaten Bekasi Jawa Barat tersedia dengan baik. (3) Pelaksanaan program penelitian tindakan kelas guru di SDN Karang Asih 10 dan SDN Telaga Asih 06 Kabupaten Bekasi Jawa Barat dari mulai perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evalusi sert pengawasan telah sesuai dengan kaidah admnistrasi kepegawaian maupun kaidah ilmiah penelitian Tindakan kelas; (4) Hasil program penelitian Tindakan kelas guru di SDN Karang Asih 10 dan SDN Telaga Asih 06 Kabupaten Bekasi Jawa Barat telah sesuai dengan yang diharapkan dan direncanakan sejak awal.