Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada
siswa kelas IV SDN Telaga Asih 06 Cikarang Barat Bekasi melalui strategi
discovery Learning. Variable yang menjadi sasaran perubahan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar keragaman suku bangsa dan agama di negeriku, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Discovery Learning.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 06 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yaitu reduksi data, sajian data, sajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus 1 dan 2
ada peningkatan hasil niali rata-rata 64 menjadi 88,85 dengan ketuntasan klasikal 75 %. Dengan demikian strategi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 06 Cikarang Bekasi pada tahun Pelajaran 2020/2021.
|