Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mustika Jaya I Kota Bekasi pada pembelajaran PPKn melalui Tindakan Bersiklus dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mustika Jaya I Kota Bekasi pada kelas IV A berjumlah 39 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang melalui tahap-tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data intervensi tindakan menggunakan teknik observasi dibantu dengan dokumentasi foto, serta analisis dokumen. Instrumen pengumpulan data hasil penelitian menggunakan tes tertulis dan observasi dibantu dengan lembar observasi sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan presentase pencapaian hasil belajar PPKn Melalui Tindakan Bersiklus dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan siswa kelas IV SDN Mustika Jaya I adalah sebagai berikut: pada siklus I skor proses pembelajaran adalah 65%, meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 75%. Hasil belajar siswa diperoleh data pada siklus I siswa kelas IV A yang memperoleh nilai KKM 75 sebanyak 11 orang (28,21%), pada siklus II meningkat menjadi 19 orang (48,72%), dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 32 orang (82,05%). Begitu pula perilaku siswa kelas IV A selama siklus I, II, dan III mengalami peningkatan. Hasil ini menggambarkan bahwa hasil belajar siswa Kelas IV A SDN Mustika Jaya I mengalami perkembangan yang baik. Hal ini membuktikan bahwa dalam pembelajaran PPKn, siswa tidak saja dituntut nilai pengetahuannya saja, tetapi diperlukan juga perilaku yang baik. Perilaku yang baik akan membantu keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Implikasi hasil penelitian ini adalah hasil belajar PPKn melalui Tindakan Bersiklus dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan yang diperoleh akan semakin tinggi jika pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe mencari pasangan semakin efektif.