Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian untuk mengalisis kemampuan siswa, kendala yang menjadi kesulitan, dan jenis bimbingan yang tepat dalam menyelesaikan soal pemantapan matematika ujian sekolah. Sampel penelitian siswa kelas VI SDN Pekojan 04 Petang Jakarta sebanyak 24 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dari kekhasan, yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, rata-rata, rendah, dan paling banyak tidak menjawab soal. Analisis kemampuan dilakukan pada butir soal yang dapat terjawab benar 15 soal keatas berdasarkan teori pemecahan masalah menurut Krulik dan Rudnick. Jenis penelitian, deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi, pemberian soal, dokumentasi dan wawancara. Validitas instrumen dengan uji pakar dan uji praktisi. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi data. Uji reliabilitas menggunakan uji dependibilitas. Hasil analisis, siswa memiliki kemampuan menyelesaikan soal pemantapan matematika ujian sekolah dengan langkah read and think, explore and plant, select a strategy, fine an answer, dan reflect and extend sebesar 5,3% dari 40 soal. Kesulitan memahami soal, menentukan strategi, mencari solusi. Penguasaan geometri dan pengukuran serta pengolahan data masih rendah. Kendala, situasi belajar masa pandemi Covid 19, kurang waktu tatap muka, terbatasnya peraga dan pendukung pembelajaran, taraf ekonomi menengah ke bawah. Kelemahan membaca dan maksud soal, kelemahan mentransformasi soal, dan kesalahan menggunakan satuan matematika. Jenis bimbingan dilakukan dengan memberikan pengulangan soal yang masih kurang dikuasai.