Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara
pendekatan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan minat belajar dengan hasil belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ‘’ada pengaruh antara minat belajar dengan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) ’’.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan faktorial 2x2 pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar IPS dan angket minat belajar IPS. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya uji pra syarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ragunan 08 Pagi Jakarta Selatan kelas
IV pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 60 orang siswa di SDN Ragunan 08 Pagi
Jakarta Selatan sampel dari populasi yang diambil sebanyak 30 orang. Teknik
sampling yang dilaksanakan adalah Disproportionate Stratified Random
Sampling. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian
terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Product Moment didapat 30 jawaban yang valid, sedangkan uji reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. instrumen minat menggunakan angket minat belajar dengan Skala Likert sedangkan instrumen hasil belajar IPS pengguna Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan tes butir soal siswa. Sebelum
dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas
angket dengan uji one sample kolmogorov smirnov. Kemudian uji linieritas
menggunakan uji levene berganda. Dari hasil pengujian normalitas untuk data
minat belajar diperoleh 0,168 untuk kelas eksperimen dan 0,565 untuk kelas
kontrol dan nilai Student Team Achievement Division diperoleh 0,240 untuk kelas eksperimen dan 0,240 untuk kelas kontrol maka dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 31,942 + 0,796X1 – 0,087X2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi Product Moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji t. Dari perhitungan korelasi product moment didapat rhitung = 0,690 dari Nilai Sig (2- tailed) didapat nilai Sig = 0.000 < Alpha 5% (0.05) yang berarti H1 diterima. Berdasarkan hasil regresi berganda nilai STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa melalui pendekatan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), sedangkan dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh 49,6% artinya nilai Student Team Achievement Division(STAD) dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 50,4% terhadap nilai raport IPS. Hasil anova dua jalur menunjukkan bahwa kategori nilai signifikan terhadap nilai
raport IPS.
|