Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model Example Non Example dan model konvensional terhadap hasil belajar IPA, pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA dan interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2. Uji validitas yang digunakan menggunakan rumus mengggunakan Product Moment dan uji reliabilitas dengan Korelasi Alpha Cronbach. Menghitung Uji Normalitas distribusi masing-masing kelompok menggunakan uji Chi-Kuadrat, uji homogenitas varians dengan uji Barlett , uji hipotesis dengan ANAVA 2 Faktor pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semper Barat 04 Petang pada semester genap 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Dari hasil Penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPA yang di ajar dengan model pembelajaran Example Non Example lebih tinggi dari pada siswa yang di ajar dengan model pembelajaran Konvensional. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran Example Non Example dan Konvensional terhadap hasil belajar IPA.