Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar IPA, Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA, dan interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Metode penelitian ini menggunakan metode quasiexperimental design 2x2. Uji validitas yang digunakan menggunakan Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 Kemudian untuk uji normalitas digunakan uji Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan rumus uji Fisher, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Anova dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Malaka Jaya 04 Pagi pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata Hasil Belajar IPA yang diajar dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi daripada Hasil Belajar IPA yang diajar dengan Metode Konvensional. Siswa yang memiliki Kemandirian Belajar tinggi memiliki Hasil Belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Kemandirian Belajar Terdapat pengaruh Pendekatan Scientific dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar IPA.