Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping dan metode Ekspositori terhadap hasil belajar IPA, pengaruh Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar IPA dan interaksi antara penerapan metode pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2. Uji validitas yang digunakan menggunakan rumus mengggunakan Product Moment dan uji reliabilitas dengan Korelasi Alpha Cronbach. Menghitung Uji Normalitas distribusi masing-masing kelompok menggunakan uji Chi-Kuadrat, uji homogenitas varians dengan uji Barlett , uji hipotesis dengan ANAVA 2 Faktor pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tugu Utara 21 Pg pada semester genap 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Dari hasil Penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPA yang di ajar dengan metode pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dari pada siswa yang di ajar dengan metode pembelajaran Ekspositori. Siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Tidak terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap hasil belajar IPA.