Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap
kegamaan dan sikap sosial pada peserta didik SD Kelas IV Semester II pada mata pelajaran IPA. Penelitian dilakukan dari bulan Maret 2020 hingga Juni 2021 di SDIT Cordova Kota Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDIT Cordova Kota Tangerang yang tersebar ke dalam tiga kelas (IV A, IV B, IV C). Sampel diperoleh dengan menggunakan Teknik non probability sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas IV A yang berjumlah 28 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Developmental Research) dengan model Tessmer (1993). Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa instrumen sikap keagamaan dan sosial yaitu lembar angket pernyataan dengan jumlah 30 butir instrumen sikap keagamaan dan 40 instrumen sikap sosial untuk masing-masing tema yaitu tema 6, tema 7, tema 8 dan tema 9. Langkah-langkah pengembangannya yaitu tahap preliminary, tahap formative evaluation (selfevaluation dan prototyping) dan tahap field test. Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk, isi dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba small group dan field test. Hasil penelitian tersebut menunjukkan sudah memenuhi syarat instrumen yang layak yakni valid dan reliabel. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Coanboarch, didapatkan nilai r11 penilaian sikap kegamaan tema 6 sebesar 0,83 (sangat tinggi), tema 7 sebesar 0,79 (tinggi), tema 8 sebesar 0,76 (tinggi) dan tema 9 sebesar 0,78 (tinggi). Sedangkan pengujian reliabilitas didapatkan nilai r11 penilaian sikap sosial tema 6 sebesar 0,93 (sangat tinggi), tema 7 sebesar 0,88 (sangat tinggi), tema 8 sebesar 0,93 (sangat tinggi) dan tema 9 sebesar 0,90 (sangat tinggi).
|