Penguasaan konsep merupakan kemampuan siswa dalam memahami
konsep-konsep setelah kegiatan pembelajaran. Penguasaan konsep merupakan
kemampuan siswa dalam memahami IPA secara ilmiah, baik konsep secara teori
maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. sikap ilmiah mengandung
dua makna, yaitu attitude toward science dan attitude of scienc Keterampilan
Proses Sains (KPS) dalam penelitian ini merupakan pengkajian sains dari segi
proses, unsur utama yang berfungsi sebagai roda penggerak dari hakikat sains
lainnya yaitu sains sebagai produk dan sains sebagai sikap ilmiah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat keeratan hubungan penguasaan konsep IPA dengan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekayon 07 Pagi yang berlokasi di Jl. Raya Bogor Km. 27, Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Hubungan antara satu dengan beberapa variable lain dinyatakan dengan besarnya koefisien korelasi dan keberartian (signifikansi) secara statistik. Dalam konteks penelitian ini variable-variabel yang dikorelasikan adalah keterampilan proses sains siswa, sikap ilmiah, dan penguasaan konsep IPA. Teknik pengumpulan data untuk mengukur penguasaan konsep IPAdan Keterampilan Proses Sains menggunakan tes sedangkan untuk sikap ilmiah menggunakan skala likert, Berdasarkan hasil uji korelasi dalam penelitian terdapat nilai signifikansi 0,044 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian maka hasil uji korelasi antara Konsep IPA dengan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains (KPS) menerima H0. Hal ini berarti terdapat hubungan signifkan antara Konsep IPA dengan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains (KPS) di SDN Pekayon 07 Pagi.
|