| 
      Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan proses pendidikan karakter yang
dilakukan oleh kepala sekolah, dan guru SDN Tanah Sereal 01 pagi; (2) mengetahui Dampak dari implementasi pendidikan karakter di SDN Tanah Sereal 01 Pagi; dan (3) menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di SDN Tanah Sereal 01. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SDN Tanah Sereal 01 Jakarta Barat dengan mengambil subjek penelitian kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan orang
tua siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, pengorganisasian data, data display, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut. (1) proses implementasi nilai nilai pendidikan karakter di SDN Tanah Sereal 01 Pagi Tambora, Jakarta Barat tahun 2019/2020 prosesnya dilaksanakan secara terintegrasi dengan budaya sekolah, Kegiatan Eskul, Kegiatan Pembelajaran dan kegiatan sehari – hari dirumah yang dihubungkan dengan buku penghubung yang diisi wali murid.(2) Dampak dari implementasi pendidikan nilai – nilai karakter adalah Siswa berani mengambil keputusan dan mengambil pelajaran dari peristiwa yang dialami, lebih fokus mengikuti pembelajaran serta Bersedia menanggung konsekuensi dari keputusan yang diambil, Siswa pun akan lebih Peka terhadap lingkungan sekitarnya, saat temannya sakit maka menjenguknya, ketika ada sampah dibuang ditempatnya. Serta selalu Berhati-hati dalam melaksanakan dan mengerjakan sesuatu, Selalu Ramah dan sopan santun terhadap orang lain., dan terbiasa menggunakan bahasa nasional ketika berbicara dengan guru. serta Senantiasa jujur dalam segala hal. Misalnya jujur mengakui alasan melanggar perturan dan memenuhi konsekuensinya. Selain itu siswa pun akan lebih Mandiri dalam menyelesaikan tugas. Disiplin dalam kegiatan sehari-hari dengan menaati peraturan yang ada, dan Rela menyisihkan sebagaian uang jajan untuk jumat amal serta mencintai keindahan dengan berpakaian rapi dan menjaga kebersihan.(3) Faktor pendukung implementasi nilai - nilai pendidikan karakter di SDN Tanah Sereal 01 meliputi visi dan misi Sekolah, komitmen kepala Sekolah, SDM guru, karyawan, dan orang tua siswa serta lingkungan masyarakat yang Islami.Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di SDN Tanah Sereal 01 Latar belakang keluarga yang beragam, Kurang optimalnya sarana dan prasarana, cuaca dan kondisi lingkungan serta rasa malas pada diri Siswa.
     |