Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman sosial di kelas VI SDN Penggilingan 04 Kecamatan Cakung, mencakup (1) sikap sosial sebagai bagian dari karakter siswa sekolah dasar, (2) proses penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS, (3) peran guru dalam membentuk sikap sosial siswa, dan (4) faktor yang menyebabkan terhambatnya penanaman sikap sosial siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Peneliti terlibat langsung dalam melaksanakan penelitian untuk menemukan fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Penggiligan 04 Kecamatan Cakung. Subjek penelitian ini adalah Guru, Siswa, dan Orangtua Siswa Kelas VI. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi yang relevan dari informan yang terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sikap sosial sebagai bagian dari karakter siswa sekolah dasar sangat penting diterapkan secara berulang-ulang dan sadar dilakukan seseorang dalam rangka agar diterima oleh masyarakat lingkungan sekitarnya. (2) proses penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS diberikan dengan mengintergrasikan materi pembelajaran pada hari itu dengan sikap sosial yang akan guru amati. (3) peran guru dalam membentuk sikap sosial siswa adalah sebagai contoh dan memberikan arahan untuk melakukan sikap sosial yang akan diamati kepada siswa pada setiap pembelajaran berlangsung (4) faktor yang menyebabkan terhambatnya penanaman sikap sosial siswa di sekolah adalah lingkungan di luar sekolah yang sering sekali tidak mendukung untuk terlaksananya penanaman sikap tersebut.