Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan menggambarkan Persepsi Siswa tentang Google Classroom (X1), Google Meet (X2), dan Minat Belajar Matematika (X3) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y) kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Cengkareng Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian ini berada pada 4 Sekolah Dasar Negeri yang terdapat di Kelurahan Cengkareng Barat. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas IV yang terdapat dalam 4 Sekolah Dasar Negeri di kelurahan Cengkareng Barat, dengan Teknik random sampling dan terpilih 4 Sekolah berjumlah 160 siswa. Kemudian dihitung melalui rumus slovin sehingga didapatkan 114 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Persepsi Siswa tentang Google Classroom dalam pembelajaran daring (X1) terhadap Minat Belajar Matematika (X3) pada siswa kelas IV di 4 SDN Kelurahan Cengkareng Barat sebesar 0.221 dan nilai koefisien korelasi sebesar 31%. (2) terdapat pengaruh langsung positif Minat Belajar Matematika (X3) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y)pada siswa kelas IV di 4 SDN Kelurahan Cengkareng Barat sebesar 0.976 dannilai koefisien korelasi sebesar 17%. (3) terdapat pengaruh langsung positifPersepsi Siswa tentang Google Classroom (X1) dan Google Meet (X2) terhadapHasil Belajar Matematika (Y) pada siswa kelas IV di 4 SDN Kelurahan CengkarengBarat sebesar 0.417 dan nilai koefisien korelasi sebesar 13%. (4) terdapat pengaruhlangsung positif Persepsi Siswa tentang Google Meet dalam pembelajaran daring(X2) dan Minat Belajar Matematika (X3) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y)pada siswa kelas IV di 4 SDN Kelurahan Cengkareng Barat sebesar 0.638 dan nilaikoefisien korelasi sebesar 20%.
|