Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Metode
pembelajaran dan Kemandirian belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Rawajati 07 Jakarta Selatan. Hipotesis yang diuji kebenarannya adalah: (1) Pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode SAVI dan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori., (2) Pengaruh hasil belajar matematika pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, antara siswa yang belajar menggunakan metode SAVI dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori, (3) Pengaruh hasil belajar matematika pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, antara siswa yang belajar menggunakan metode SAVI dan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi target adalah 72 siswa Kelas IV SDN Rawajati 07 Pagi Jakarta Selatan. Sampel diambil secara random (acak) sebanyak siswa dari 2 kelas yang berbeda sebanyak 18 siswa diberikan metode pembelajaran SAVI yang terdiri dari 9 siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan 9 siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, serta 36 siswa diberikan metode pembelajaran ekspositori yang terdiri dari 9 siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan 9 siswa memiliki kemandirian belajar rendah.
Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa keterandalan
masing-masing instrumen adalah sebagai berikut: hasil belajar matematika rtt = 0,851; kemandirian belajar mempunyai rtt = 0,943. analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 jalan. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, hasil belajar matematika anak yang diberi metode pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada anak yang diberi metode pembelajaran Ekspositori, dengan hasil Fhitung = 6,161 > Ftabel = 4,04. Kedua, kemandirian belajar siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. dengan hasil Fhitung = 0,593 < Ftabel = 4,04. Ketiga, Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan hasil Fhitung = 12,315 > Qtabel, = 4,04. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Kelas IV SDN Rawajati 07 Jakarta Selatan.
|