Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Pendekatan Scientific (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar IPA (Y). Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh positif Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Malaka Jaya 04 Pagi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, (2) Terdapat pengaruh signifikan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Malaka Jaya 04 Pagi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, (3) Terdapat pengaruh Pendekatan Scientific dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Malaka Jaya 04 Pagi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di kelas IV yang terdiri dari dua kelas yaitu, kelas IV-A berjumlah 30 siswa dan kelas IV-B berjumlah 30 siswa. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pilihan ganda dan angket. Peneliti pertama mencoba untuk melakukan uji coba validitas hasil belajar melalui instrument pilihan ganda, peneliti menggunakan rumus Point Biserial dengan hasil 20 soal valid dan 10 soal tidak valid, uji valid diperoleh hasil rtabel 0,334. Untuk uji reliabilitas peneliti menggunakan rumus KR-20 diperolehlah hasil rhitung 0,831 > rtabel 0,335 maka data dianggap reliabel. Kemudian untuk melakukan uji coba validitas angket kemandirian belajar, peneliti menggunakan rumus Point Biserial dengan hasil 24 soal valid dan 6 soal tidak valid, uji valid diperoleh hasil rhitung 0,514 > rtabel 0,334. Untuk uji reliabilitas peneliti menggunakan rumus KR-20 diperolehlah hasil rhitung 0,840 > rtabel 0,334, maka data dianggap reliable. Setelah itu untuk persyaratan analisis data normalitas baik tes pilihan ganda dan angket, diuji dengan menggunakan rumus yang sama yakni rumus Chi Kuadrat. Uji Homogenitas menggunakan rumus Bartlet, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan Uji Anova Dua Jalur. Hasil penelitian soal pilihan ganda untuk tes hasil belajar pada kelas eksperimen kemandirian rendah didapat hasil Xhitung < Xtabel yakni 0,54 < 7,81 dengan taraf signifikan = 0,5. Hasil penelitian soal pilihan ganda untuk tes hasil belajar pada kelas eksperimen kemandirian tinggi didapat hasil Xhitung < Xtabel yakni 0,72 < 9,48. Kemudian hasil penelitian soal pilihan ganda di kelas kontrol kemandirian rendah didapat nilai Xhitung < Xtabel yakni 1,50 < 9,488 dengan taraf signifikan = 0,5. Hasil penelitian soal pilihan ganda di kelas kontrol kemandirian tinggi didapat nilai Xhitung < Xtabel yakni 1,43 < 7,815 maka dapat disimpulkan bahwa data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk uji hipotesis hasil belajar dan angket kemandirian belajar menggunakan anova 2 jalur diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 5,361 > 4,00 pada taraf signifikansi ɑ= 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima atau Terdapat pengaruh pendekatan Scientific dan Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Malaka Jaya 04.