Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara persepsi siswa pada mata pelajaran IPA dan penguasaan konsep IPA terhadap sikap ilimiah siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Insan Teratai Kabupaten Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 105 siswa kelas IV. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Setelah ketiga variabel di uji dengan menggunakan uji Chi Kuadrat dan bersifat normal, dilanjutkan dengan perhitungan uji Linieritas. Berdasarkan hasil perhitungan uji Linieritas yang berarti kedua data bersifat Linier. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung uji korelasi berganda di dapat yang berarti ditolak.Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi siswa pada mata pelajaran IPA dan penguasaan konsep IPA dengan sikap ilmiah siswa kelas IV SDS Insan Teratai Kabupaten Tangerang.
|