Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendapatkan informasi
secara mendalam mengenai program PPG Dalam Jabatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA. Permasalah penelitian ini meliputi bagaimana evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product.
Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang mencangkup evaluasi conteks, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Model ini
memberikan suatu bentuk pemahaman dalam mengupas program yang dievaluasi, dengan skema yang sudah sistematis dan mempunyai aturan yang harus diikuti memberikan suatu program yang dievaluasi gambaran konkrit dan luas sehingga akan memberikan dampak salah satunya pengambilan keputusan. Model CIPP juga memberikan suatu hasil dalam program agar menjadi lebih baik sehingga peneliti mengambil CIPP untuk Evaluasi Program PPG Dalam Jabatan PGSD FKIP UHAMKA. Metode yang digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik dan instrumen data yang digunakan adalah tringulasi
data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan model Milles and Huberman aktivitas yang digunakan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Temuan evaluasi context pada program PPG Dalam Jabatan di UHAMKA terdapat kolerasi visi misi serta kesedian dalam menyelenggarakan program yang memenuhi standar penyelenggaraan. Evaluasi input dikaji bahwa UHAMKA memiliki fasilitas yang menunjang standar penyelenggaraan, memiliki kualifikasi yang dibutuhkan penyelenggara untuk peningkatan SDM dalam mendukung program PPG, mengkaji kesesuaian SOP penyelenggara serta tahapan yang dilalui oleh peserta, dan sumber pendanaan program PPG. Evaluasi process UHAMKA telah melakukan program sesuai mekanisme program yang menunjang profesi guru, dan mengkaji hambatan dalam tahapan dan cara penyelesaian. Selanjutnya evaluasi product program PPG UHAMKA memiliki tingkat kelulusan yang sangat baik.
|